Taman Serua Sawangan


Langkah Mudah Membeli Rumah
12 April 2008, 5:47 am
Filed under: Rumah | Tag: ,

Ada anggapan beberapa orang, membeli rumah adalah hal yang rumit karena merupakan aktifitas sekali seumur hidup. Selalu ada ketakutan salah pilih atau salah beli. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memudahkan proses ini.

Pendanaan
Langkah pertama adalah menghitung dana yang dapat anda siapkan. Jika hendak menggunakan fasilitas kredit, hitung kemampuan bayar cicilan maksimum. Angka kasarnya sekitar 30-40% dari total pendapatan. Hitung juga kesiapan untuk membayar uang muka. Semakin besar uang muka yang dibayar semakin kecil cicilan tiap bulan. Perhatikan juga beberapa biaya yang muncul selama proses jual beli dan kredit bank. Kisarannya sekitar 5-10% dari harga rumah.

Tetapkan Tujuan
Setiap orang mempunyai impian sendiri dengan rumahnya. Tetapkan sebuah tujuan yang menggambarkan keinginan anda dan keluarga. Jika sudah ada anak, pikirkan juga keinginan atau impian anak. Buat dalam satu atau dua kalimat yang menggambarkan keseluruhan mimpi anda dan keluarga. Tulis di selembar kertas, jika perlu. Pernyataan tujuan ini akan menjadi panduan dalam memilih daerah atau memilih rumah.

Tentukan Daerah
Setiap daerah hunian memiliki karakter sendiri. Berdasarkan penyataan tujuan yang dibuat sebelumnya, tentukan sebuah daerah dimana hendak tinggal. Beberapa orang juga mempunyai preferensi sendiri daerah daerah hunian. Apakah anda hendak tinggal di Depok, Bekasi, Bintaro atau bahkan memilih Bogor.

Pilih rumah
Setelah menentukan daerah hunian yang diinginkan, sekarang persempit lagi dengan memilih rumah yang ada di daerah itu. Anda bisa kembali menggunakan penyataan tujuan sebagai panduan untuk memilih rumah dengan rentang harga yang sesuai dengan perhitungan anda. Mendatangi pameran pameran rumah/properti adalah cara paling gampang. Banyak pengembang yang bergabung sehingga memudahkan memilih rumah. Selain itu, datang langsung dan berkeliling ke daerah itu juga memberi pilihan lebih banyak. Karena banyak pengembang yang tidak ikut berpameran. Dari informasi yang didapatkan pilih 2-3 perumahan sebagai kandidat utama.

KPR
Jika anda membeli rumah dengan fasilitas kredit bank/kpr, masih ada beberapa hal perlu dilakukan. Pilihlah bank penyedia kredit yang bekerjasama dengan pengembang rumah, hal ini dapat memudahkan dalam pengurusan dokumen dan proses appraisal.

Tahun 2008 ini adalah tahun terbaik untuk membeli rumah. Anda dapat memperoleh rumah sebelum harga harga naik. Karena tahun depan sudah mulai masa pemilihan presiden yang umumnya diikuti dengan gejolak kenaikan harga dan bunga kredit. Belum lagi rencana pemerintah menaikkan harga bbm yang pasti mendongkrak harga jual rumah(ir/wp)


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

[…] selama berkunjung ke pameran ditambah informasi aktual kunjungan ke lokasi dapat digunakan untuk mengambil keputusan (ir/wp) Ditulis oleh Indra Disimpan di Rumah yang berkaitan: pameran rumah, […]

Ping balik oleh Pameran Rumah « Taman Serua Sawangan




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: