Taman Serua Sawangan


Fly over Gaplek
21 Mei 2013, 12:40 pm
Filed under: Layanan Umum | Tag: , , , , , , ,

perempatan-gaplek-tangerang-selatan-300x224Sebuah dokumen dari Dinas Bina Marga & Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan mengungkap proyek besar: Flyover Gaplek. Proyek pembangunan flyover di perempatan Gaplek ini diinisiasi oleh pemerintah pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum sejak tahun 2012 untuk mengurangi beban kendaraan dan antisipasi pertumbuhan kendaraan di ruas Ciputat – Parung.

Perempatan Gaplek adalah persimpangan yang menghubungkan Pondok Cabe, Cirendue, Lebak Bulus ke arah utara; Cinangka, Bojongsari, Parung ke arah timur; Pamulang, Serpong ke arah selatan dan Ciputat, Lebak Bulus ke arah barat.

Departemen PU menganggarkan 160milyar untuk proyek ini. Anggaran ini akan berjalan di tahun 2013 – 2015.
Rencananya, Flyover Gaplek akan membentang dari sisi timur ke barat atau ruas Ciputat – Parung sepanjang 700meter. Dengan titik naik di sekitar perumahan Vila Inti Persada dan titik turun di sekitar Cipayung. Tapi jika melihat rencana tol Jagorawi – Serpong yang akan melintas di atas jalur pipa gas (sekitar pool bis Kramat Jati), maka kemungkinan besar titik naiknya akan bergeser agak ke barat atau di sekitar Gedung Kharisma (pool Blue Bird). Selain flyover, di Gaplek juga akan dibuatkan putaran balik di bawah flyover. Untuk itu beberapa lahan di sekitar perempatan akan dibebaskan.

Kabar baik lainnya adalah, Pemkot Tangerang Selatan akan membuat sebuah pintu tol yang mengakses langsung flyover ini sehingga arus keluar-masuk tol warga Bojongsari, Pamulang, Cipuatat dan Pondok Cabe cukup melalui Gaplek.
Semoga kehadiran flyover Gaplek dapat menjadi solusi bagi kemacetan yang sering terjadi di Gaplek(ir/wp).
gambar dari: kabarTangsel.com


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Rencana Pembangunan Fly over
Setiap rencana proyek pembangunan daerah seharusnya memeberikan dampak yang baik terhadap lingkungan sekitarnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Dengan adanya rencana proyek pembangunan Flyover gaplek kami masyarakat sekitar perempatan gaplek menjadi risau, dimana perempatan gaplek merupakan titik pertumbuhan perkembangan ekonomi. Pemerintahan Kota tangerang selatan yang ingin membangun fly over disimpang perempatan gaplek mengatasnamakan mengatasi kemacetan tidaklah tepat dikarenakan
1. titik permasalahan kemacetan adanya penyempitan median yang menuju perempatan
solusi : memperlebar median jalan di sekitar perempatan lampu merah gaplek
dari 1 setengah lajur jalan menjadi 3 lajur jalan.
2.kemacetan dipermpatan gaplek terjadi jam padat, (jam berangkat dan pulang
kantor)
solusi : menempatkan petugas (polisi lalu lintas dan Petugas Dllaj) untuk
mengatur lalulintas dijam padat (sibuk)
3. perempatan gaplek merupakan titik perkembangan ekonomi masyarakat sekitar
gaplek,
Solusi : pelebaran median jalan dari 2 lajur kanan kiri menjadi 3 lajur, dengan
pelebaran jalan sudah tentu berdampak positif terhadap petumbuhan ekonomi
masyarakat sikitar perempatan gaplek.
kami masyarakat sikitar perempatan gaplek tidaklah anti pembangunan. kami sangatlah mendukung program pembangunan yang tepat, baik yang dilakukan pemerintahn kota tangerang selatan maupun pemerintahan pusat. rencana pembukanan pintu tol disekitar gaplek dan pembukan terminal tipe a pondok cabe. solusi mengatasi kemacetan yang tepat bukanlah dengan pembangunan Fly over melainkan dengan pembukaan jalan baru dan pelebaran jalan. seperti yang dikata Menteri PU Djoko Kirmanto “Pembangunan jalan bertumpuk atau flyover di Jakarta tidak dapat menyelesaikan persoalan kemacetan,” ujarnya saat di temui di Gedung DPR RI Kamis (24/03) . http://nasional.kontan.co.id/ Djoko menambahkan, jika kementerian PU membangun flyover atau pun under pas dan memperlebar jalan di Jakarta, justru akan membuat penduduk akan membeli mobil ketimbang memilih transportasi publik.
Pembangunan Fly over gaplek disinyalir tidak didahului oleh proses studi Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)

Komentar oleh fandi bangsa

just only NATO after 2004 UNTIL NOW 2015 no action talk only so become tol serpong cinere same just nato thanks

Komentar oleh adi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: